Kamis, 29 November 2012

Pengenalan Telling Stories and News Reading

Pengenalan Story Telling dan News Reading sebagai media pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas
Oleh: Tri Wahyuni Floriasti.
        Era globalisasi pada saat ini menuntut generasi muda untuk selalu Mengembangkan potensi diri. Satu hal yang perlu dikuasai untuk meningkatkan daya Saing di pasar global adalah penguasaan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional berperan sangat penting dalam dunia industri, perdagangan, Pendidikan. Hampir semua sektor menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Pengantar.   Melihat perannya yang dominan tersebut, sudah selayaknya penguasaan Keterampilan bahasa Inggris menjadi bagian penting bagi siswa-siswi di Indonesia.
Proses yang benar, materi yang baik serta pengajar yang mengetahui cara yang tepat dalam penyampaian  materi  merupakan kunci dalam menguasai Bahasa Inggris. Namun banyak kendala yang dihadapi dalam mengajarkan Bahasa Inggris, misalnya Mencari materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa bukanlah hal mudah. Langkanya Materi yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi dapat mendorong pengajar untuk Menggunakan materi yang sama berulang-ulang tanpa mempertimbangkan Kesesuaiannya dengan pembelajar. Hal ini tentu saja akan menimbulkan kebosanan Pada siswa dan juga mengurangi kemutakhiran materi. Untuk mengatasinya, pengajar Dapat memanfaatkan story telling dan news reading sebagai salah satu cara Penyampaian materi bahasa Inggris kepada siswa-siswi SMA.
Memperkenalkan Story Telling dan News Reading untuk pembelajaran Bahasa Inggris Story sangat menarik bagi pembelajar karena berisi pengalaman yang indah, lucu dan menarik. Banyak orang memakai story untuk meninabobokkan anak, memberi Petuah dari orang tua kepada orang muda dan menceritakan hal-hal tersebut tidak mahal. Melalui cerita banyak hal yang dapat disampaikan dan dipahami oleh Pendengar, karena cara penyampaiannya yang menarik, bahasa yang digunakan juga Lebih sederhana. Situasi ini memberikan kesan yang tersendiri bagi pendengar, karena Mereka merasa rileks. Melihat situasi ini, maka cara pembelajaran bahasa Inggris dapat mencontoh apa yang terjadi dalam penyampaian cerita.
Listening and reading fluency
Anak-anak cenderung ingin mendengarkan lagi cerita lainnya segera setelah cerita yang sebelumnya berakhir. Jadi mereka sangat termotivasi untuk mendengarkan materi cerita. Kegiatan story telling ini sangat membantu peningkatan kemampuan menyimak siswa di sekolah dalam proses pembelajaran. Kemampuan lain yang terasah adalah membaca. Kemampuan tersebut dapat terasah karena banyaknya latihan membaca cerita dan menyimak. Seperti yang dikutip dalam Wright (1995: 4). Listening and reading fluency is based on: a positive attitude to not understanding everything, the skills of searching for meaning, predicting, and guessing.
·         Speaking and writing fluency
Terasahnya kemampaun speaking dan writing juga merupakan salah satu keuntungan yang diperoleh melalui kegiatan story telling ini. Brown menyatakan (1994: 322)writing is, in fact, a transaction with words whereby you free your self From what you presently think, feel and perceive. Situasi yang lebih alami dan menyenangkan sangat melekat dalam pelaksanaan pembelajaran jika menggunakan Story telling. Situasi alami inilah yang diyakini membantu siswa untuk lebih mudah menerima dan memahami materi tanpa harus merasa tegang dan gelisah jika dibandingkan dengan cara penyampaian yang lain. Cara ini tampak lebih alami bagi mereka untuk berani berbicara dan menulis. Jadi guru harus lebih peka dalam melihat Kebutuhan siswa agar dapat memasukkan materi-materi yang sesuai dengan rencana. Pernyataan ini senada dengan apa yang diungkapkan dalam Wright (1995: 4) It means That that the teacher must encourage situations in which the child can be fluent and Can “have a go”.
Dapat disimpulkan bahwa Storries memberikan bantuan yang banyak dalam Pembelajaran empat keterampilan bahasa Inggris. Selain itu, stories juga memberikan motivasi bagi siswa untuk mendengarkan cerita. Hal ini mendorong mereka lebih berani dan percaya diri dalam memproduksi kalimat lisan dan tulisan.
·         Language awareness
According to Brown (2000: 5) Language is a set of arbitrary symbols, other than that he also states that language is used for communication. Dengan kata  lain, bahasa merupakan alat yang digunakan untuk bertukar ide, perasaa, dan hal lainnya. Kebanyakan orang memperoleh bahasa dengan cara berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan. Memahami apa yang disampaikan oleh penutur merupakan hal penting dalam komunikasi, dan memiliki kemampuan ini berarti yang bersangkutan memiliki kompetensi berbahasa. Brown (2000: 31) states the definition of Language Competence is one’s underlying knowledge of system of a language-its rules of Grammar, vocabulary, and all the pieces of language and how those pieces fit Together. Melalui story telling ini membantu siswa untuk memmiliki kompetensi tersebut. Dengan diberikannya kegiatan ini secara berkesinambungan, diharapkan akan menimbulkan language awareness. Siswa menjadi “aware” terhadap perasaan pada waktu mendengarkan bahasa asing. Memperdengarkan cerita membantu mereka untuk mempelajari bahasa Inggris tanpa harus membuat mereka memproduksi kata- kata dalam spoken dan written expression. Seperti dalam Wright (1995: 5) stories also introduce children to language items and sentence constructions without their necessarily having to use them productivity. Bila datang masanya mereka harus memproduksi bahasa Inggris bukanlah hal yang berat lagi karena bahasa Inggris Bukan hal baru. Jadi tanpa diragukan lagi, bahwa story telling memberi contoh cara pembelajaran yang mudah dan alami bagi siswa dalam mempelajari bahasa asing. Pada akhir pembelajaran bahasa Inggris  nanti mereka akan mencapai hasil yang Memuaskan. How each activity is organized. Beberapa poin yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan kegiatan ini agar tercapai maksud yang dikendaki. Berdasarkan Wright (1995:7) poin-poin tersebut adalah:
A.    Level
Pemberian leve ini harus berdasarkan pada apa yang harus dilakukan oleh siswa, bukan berdasarkan pada kerumitan bahasa dalam cerita.
B.     Umur
Umur menjadi pertimbangan untuk memilih cerita yang akan disampaiakan. Sebagai contoh terkadang ada siswa yang sudah berusia remaja tetapi masih senang Mendengar cerita anak-anak. Jadi umur harus menjadi salah satu pertimabangan dalam memilih cerita.
C.     Waktu
Waktu sangat membatasi proses pembelajaran. Pemilihan cerita sebaiknya tidak terlalu memakan waktu yang lama, agar tidak mengganggu sisa kegiatan pembelajaran yang lain.
D. Bahasa
Bahasa disesuaikan dengan cerita dan level kemampuan siswa. Pemberian cerita yang mengandung bahasa yang telalu rumit akan mengganggu proses pembelajaran.
E. Materi
Materi harus dipersiapkan terlebih dahulu mengingat adanya rangkaian katifitas yang harus dilakukan setelah story telling dilakukan.
F. Persiapan
Hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan story telling harus dipersiapkan sebelum kelas dimulai.
G. In Class
Langkah-langkah yang akan ditempuh dalam memandu pembelajaran sangat penting dipersiapkan. Jikalau terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dalam proses pembelajaran,guru dapat segera melakukan penyesuaian dan improvisasi.
H. Follow-up(s)
Pemberian contoh-contoh dan materi yang lain yang masih berkaitan dengan pembelajaran dan topik yang sudah diberikan.
Example of stories “Dayang Bandir” Foklore from North Sumatra. 

Once upon a time, there were two kingdoms in North Sumatra, the Eastern Kingdom and the Western Kingdom. The Eastern King got married with the Western King's sister. Later, they had a baby girl. They named her Dayang Bandir. Seven years later, they had another child. They named him Sandean Raja. When Sandean Raja was a kid, his father, the Eastern King died. The rule said that the king's son would be the next king. However, Sandean Raja was still a kid. He had to wait until he was adult to be the king. The elderly of the Kingdom asked Uncle Kareang to be the king. Uncle Kareang was the Eastern King's younger brother. The Eastern king had a magical sword. Uncle Kareang wanted to have the sword. Without the sword, he was only the temporary king. He was looking for the sword everywhere but he could not find it. He knew Dayang Bandir hid the sword. She wanted to give the sword to her brother, Sandean Raja, when he was adult. She wanted her brother to be the next king. Uncle Kareang was really angry. He asked the soldiers to take Dayang Bandir and Sandean Raja to The jungle. Soldiers then tied Dayang Bandir on top of a big tree in the jungle. They would Bring her down after Dayang Bandir told them where the sword was. But she never told them. Then the soldiers left Dayang Bandir and Sandean Raja alone in the jungle. Sandean Raja cried under the big tree. He could not climb the big tree. Everytime he tried to climb, he fell down. Days passed by Dayang Bandir was getting weaker and weaker. She finally died. Sandean Raja then left alone in the jungle. He was not really alone actually. Her sister spirit always accompanied him. They still could talk each other. When Sandean Raja was adult, he decided to go to the Western Kingdom. The king, king Sorma, was his uncle. He wanted to talk about his bad experience.
King Sorma was surprised when he met Sandean Raja. He heard that sandean Raja and Dayang Bandir died in the jungle. He was not sure that Sandean Raja was really his nephew. “If you are really my nephew, remove that big tree”, said king Sorma. Sandean Raja was a powerful man. He could remove that big tree easily.”I have the last test, go to that dark room. there are many girls there. Which one is my daughter?” said King Sorma. "Don't worry, my brother, I will help you," said Dayang Bandir's spirit. Sandean Raja then could find the King Sorma's daughter. The king then was sure that the young man was really his nephew. After that, Tandean Raja told told him about his sister and all his bad experience with Uncle Kareang. King Sorma then asked his soldier to attack the Eastern Kingdom. The Western Kingdom won the war. Sandean Raja then became the king of the kingdom. Later, her sister's spirit told him where the sword was.
Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan story Telling dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat mengasah kemampuan menyimak dan membaca serta menulis dan berbicara siswa. Hal ini memberikan hasil yang lebih baik bagi performance bahasa Inggris siswa dari waktu ke waktu. Selain itu suasana nyaman tersebut memberikan dorongan yang positif kepada siswa. Mereka Mendapatkan motivasi selama dan setelah mendengarkan cerita. Kondisi yang seperti ini sangat membantu mereka untuk menguasai bahasa Inggris. Melihat kenyataan ini, Disarankan penggunaan story telling dalam pembelajaran bahasa Inggris lebih Diintensifkan lagi.
Daftar pustaka
Brown, H. Douglas. 1994. Principles of  language learning and teaching (Third Edition). San Francisco: Prentice Hall Regents.
Wright, Andrew. 1995. Story telling with children. New York: Oxford University Press.

0 komentar: